Apa Itu Asuransi ? Pengertian Asuransi Menurut Para Ahli

 Apa itu asuransi ? Asuransi adalah Secara ekonomi, asuransi biasa diartikan sebagai sebuah sistem untuk mengurangi atau mengatasi kehilangan atau kerugian finansial dengan menyalurkan risiko kehilangan dari seseorang atau badan ke seseorang atau badan lainnya. 

Ada banyak pemahaman asuransi. Kata asuransi diambil dari bahasa Belanda assuratie. Kata itu bukan sebagai istilah asli bahasa Belanda tetapi datang dari bahasa Latin assecurare yang memiliki arti memberikan keyakinan orang.



Pemahaman asuransi dalam Kitab Undang-undang Hukum Dagang Pasal 246 menurut Dahlan Siamat dalam bukunya Management Instansi Keuangan ialah: "Asuransi atau penanggungan ialah satu kesepakatan, dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri ke seorang tertanggung, dengan terima satu premi untuk memberi pergantian padanya karena satu rugi, kerusakan, atau kehilangan keuntungan yang diharap, yang kemungkinan muncul karena satu kejadian tidak tertentu" (2004).

Pemahaman lain berkenaan asuransi pada UU No. 12 Tahun 1992 Mengenai Usaha Perasuransian menurut Dahlan Siamat dalam bukunya Management Instansi Keuangan ialah: "Asuransi atau penanggungan ialah kesepakatan di antara dua faksi ataupun lebih, dengan mana faksi penanggung mengikatkan diri ke tertanggung, dengan terima premi asuransi, untuk memberi pergantian ke tertanggung karena rugi, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharap, atau tanggung-jawab hukum pada pihak ke-3 yang kemungkinan dialami tertanggung, yang muncul dari satu kejadian yang tidak jelas, atau untuk memberi suata pembayaran yang didasari atas wafat atau hidupnya seorang yang dipertaruhkan" (2004).

Baca Juga :

Pemahaman lain mengenai asuransi, menurut Mark R. Green yang ditranslate oleh Soeisno Djojosoedarso dalam bukunya Prinsip-Prinsip Management Resiko Asuransi yakni: "Asuransi ialah satu instansi ekanomi yang mempunyai tujuan kurangi resiko, pada jalan mengombinasikan pada sebuah pengendalian beberapa object yang lumayan besar banyaknya, hingga rugi itu secara detail bisa diramalkan dalam batasan-batas tertentu" (2003).

Dan menurut Herman Darmawi dalam bukunya Management Resiko, asuransi bisa diartikan dari 2 pojok yakni: "Pertama asuransi sebagai pelindungan pada resiko keuangan yang disiapkan faksi insurer. Ke-2 , asuransi alat penyatuan resiko dari 2 ataupun lebih beberapa orang atau beberapa perusahaan lewat bantuan aktual atau yang dijanjikannya untuk membuat dana buat bayar claim" (2000):

Dari pemahaman asuransi di atas bisa diambil simpulan:

Perusahaan asuransi sebagai perusahaan penanggung yang memiliki hak terima premi sebagai pembayaran dari tertanggung, di mana premi ini dipakai untuk lakukan kewajibannya, yakni bayar ganti kerugian ke tertanggung.

Faksi tertanggung mempunyai kewajiban bayar premi ke perusahaan asuransi sebagai pertanda peralihan resiko tertanggung ke penanggung, dan memiliki hak atas ganti kerugian dari faksi penanggung bila terjadi beberapa hal bikin rugi yang diisyaratkan.

Asuransi sebagai satu instansi keuangan yang lakukan penanggungan atas resiko faksi lain.


Pengertian Asuransi Menurut Para Ahli

Selain pengertian autentik itu, beberapa sarjana ajukan beberapa pemahaman atau pengertian dari pemikiran ilmunya masing-masing, diantaranya seperti berikut.

Prof. Wiryono Prodjodikoro, S.H., Asuransi ialah satu kesepakatan di mana faksi yang jamin janji pada pihak yang ditanggung, untuk terima beberapa uang sebagai alternatif rugi, yang kemungkinan dialami oleh yang ditanggung, karena akibatnya karena satu kejadian yang belumlah jelas.

Baca Juga : Jenis Asuransi

Prof. Mehr dan Cammack, Asuransi sebagai satu alat untuk kurangi resiko keuangan, dengan penghimpunan unit-unit eksposur (exposure) dengan jumlah yang ideal, untuk membikin supaya rugi pribadi bisa diprediksi. Selanjutnya, rugi yang bisa diramalkan itu dipikul rata oleh mereka yang bergabung.

Prof. Mark R. Green, Asuransi ialah satu instansi ekonomi yang mempunyai tujuan untuk kurangi resiko, pada jalan mengombinasikan pada suatu pengendalian beberapa object yang lumayan besar banyaknya, hingga rugi itu secara detail bisa diramalkan dalam batasan-batas tertentu.

C. Arthur William Jr. dan Richard M. Heins yang mendeskripsikan asuransi berdasar dua pemikiran, ekonomi dan hukum. Asuransi ialah satu pengaman pada rugi keuangan yang sudah dilakukan oleh seoraang penaggung (ekonomi). Asuransi adalaah satu kesepakatan dengan mana dua ataupun lebih orang atau tubuh kumpulkan dana untuk mengatasi rugi keuangan (hukum).

Lebih baru Lebih lama