Macam - Macam Asuransi Yang Ada Di Indonesia

 Ada banyak beberapa macam usaha asuransi. Menurut Soeisno Djojosoedarso dalam bukunya Prinsip-Prinsip Management Resiko Asuransi, usaha asuransi bisa dipisah jadi beberapa jenis dan berdasar beragam jenis sisi.

Jenis usaha perasuransian itu diantaranya ialah seperti berikut:

Dari sisi karakternya, usaha asuransi bisa diperbedakan:

Asuransi sosial atau asuransi harus, di mana untuk ikut dalam asuransi itu ada elemen desakan atau harus untuk tiap masyarakat negara.

Asuransi suka-rela, di mana dalam asuransi ini tidak ada desakan untuk siapa saja menjadi anggota.

Dari sisi Tipe objectnya, bisa diperbedakan:

Asuransi orang, di mana object penanggungannya ialah manusia, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi hari tua dan lain-lain



Asuransi untuk atau asuransi rugi, di mana object penanggungannya ialah harta atau punya tertanggung, seperti asuransi kendaraan motor, asuransi kebakaran, asuransi pengiriman barang dan sebaginya" (2003).

Dari tipe asuransi di atas bisa diambil simpulan yakni asuransi harus umumnya ditetapkan oleh sepihak, misalnya asuransi kecelakaan ditetapkan oleh faksi PT. Jasa raharja, asuransi kecelakaan untuk perburuhan ditetapkan oleh faksi asuransi dan pengurus perusahaan.

Asuransi suka-rela dikuasai oleh tingkat kehendak orang atau tubuh yang diasuransikan, calon yang menerima polis bisa menyaksikan dengan terbuka sejauh mana faedah asuransi itu pada jiwa atau hartanya. Misalkan kecelakaan dan asuransi kebakaran.

Ketidaksamaan di antara asuransi disaksikan dari sisi karakternya dengan dari sisi objectnya ialah Asuransi menurut karakternya bisa disaksikan dari subyek (hal dasar) yakni bagaimana berlangsungnya asuransi secara teoritis dan realitas, dan asuransi tipe objectnya sebagai sisi dari asuransi menurut karakternya yakni wujud asuransi sebagai syarat dalam polis dan premi.

Lebih baru Lebih lama